Belajar Do'a Bahasa Indonesia

Adab Berdo'a 

Ciri-ciri do'a yang diterima
  • Do'a dipanjatkan dalam keadaan belum batal wudhu
  • Setelah Sholat Fardhu dan Sholat Malam
  • Tenang di dalam hati dan jiwa
  • Hilangnya kecemasan dan rasa menerima akan semua keadaan 
  • Dipanjatkan atau diucapkan ketika sedang dalam keadaan kesulitan, kesusahan, malu, terdesak atau teraniaya

Berdo'a sebaiknya:
  • mengharap dan memohon kebaikan suatu urusan kepada Allah SWT
  • dalam keadaan suci, bersih dari hadats dan najis
  • bersih pakaian
  • menutup aurat
  • berada di tempat yang baik dan bersih

Contoh Do'a yang singkat dan mudah :
  • Bismillahirrohmanirrohim
  •  Ya Allah mudahkan aku untuk menjalankan perintah-perintah-Mu dan menjauhi larangan-larangan-Mu
  • Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan kesalahanku
  • Ya Allah berilah aku petunjuk
  • Ya Allah berilah aku rezeki dari yang baik-baik dan halal
  • Ya Allah berilah aku ilmu yang bermanfaat
  • Ya Allah berkahilah umurku
  • Ya Allah mudahkan aku untuk sedekah, silaturahmi dan beramal sholeh
  • Ya Allah selamatkan aku di dunia dan di akhirat
  • Amiin

Do'a yang lebih baik:
  • dalam bahasa arab
  • do'a para nabi yang ada di Al-Qur'an
  • merendahkan suara
  • setelah sholat fardhu dan sholat malam
  • di masjid

Contoh Do'a Setelah Sholat Tahajjud dan Sholat Shubuh


Sumber: Terimakasih Kepada Kh. Zainuddin, M.Pd.I, Pondok Pesantren Aulia Cendikia Palembang dalam Gebyar Sholawat Pondok Pesantren Modern Darussalam  Kota Prabumulih


Referensi:
  • Ceramah Kh. Zainuddin, M.Pd.I, Pondok Pesantren Aulia Cendikia Palembang 
Revisi:
  • 02 Mei 2020

Posting Komentar

Smart comment system

Lebih baru Lebih lama