Merayakan Ulang Tahun Itu Wajib Ya?

Pernahkah kalian merayakan ulang tahun?
Yang jawab ya silahkan beri komentar. :)


Deskripsi Ulang Tahun

Ulang tahun zaman sekarang ini adalah suatu acara berupa peringatan untuk merayakan hari kelahiran yang biasanya dilaksanakan setiap tanggal yang sama setiap tahunnya. 

Tergantung dari strata sosial seseorang, perayaan ulang tahun akan dilaksanakan dengan meriah dan bergembira ria. Mulai dari skala kecil lingkungan keluarga, sekolah dan lainnya.

Sangat dianggap umum sekali orang merayakan ulang tahun yang alasannya karena malu jika tidak mengikuti trend kekinian.

Ulang tahun biasanya dirayakan mengikuti tanggal kelahiran seseorang yang sebelumnya telah menyesuaikan dengan kalender masehi atau gregorian calender. (Kalender yang mengikuti perhitungan berdasarkan Matahari)

Dalam hal ini di Indonesia, setiap kelahiran telah menggunakan kalender masehi sebagai acuan penanggalan dan data dokumen resmi kelahiran seorang anak di rumah sakit dan data pemerinah. Serta menyesuaikan dengan dokumen lanjutan lainnya seperti ijazah, sim, surat nikah, dan dokumen resmi lainnya yang bersifat cetak manual ataupun data online.


Kegiatan dalam Acara Ulang Tahun

Pemberian hadiah kepada yang berulang tahun
Pemberian kartu ucapan selamat ulang tahun
Menyanyikan lagu ulang tahun
Peniupan lilin pada kue ulang tahun
Pemotongan kue
Pemberian kue kepada keluarga dan teman-teman

Contoh run down acara ulang tahun
1. Pembukaan
2. Kata sambutan
3. Ulang tahun dan pemotongan kue
4. Pemberian hadiah dan selamat
5. Hidangan dan hiburan


Ulang Tahun Dalam Islam

Merayakan ulang tahun tidak ada dalam Islam.  Apalagi mengikuti kalender masehi sesuai perhitungan barat. Perayaan yang ada pada Islam sudah tentu sangat diketahui oleh kita semua, seperti perayaan idul fitri dan idul adha.

Sedangkan, ulang tahun adalah termasuk kebiasaan bersuka ria dan pesta golongan orang-orang munafik dan musyrik seperti halnya acara liburan weekend dan malam mingguan.

Sesuai Al-Qur'an cukup jelas:
Siapa yang mengikuti suatu kaum maka dia termasuk golongan kaum tersebut.

Jadi jika kita termasuk muslim maka sebaiknya jangan ikutan ulang tahun.

Kenapa demikian?
Alasannya, jika tetap melaksanakan perayaan ulang tahun yang jelas tidak sesuai dengan hukum islam maka hati dan fikiran kita akan tertutup sendirinya.

Hati kita tertutup, Maksudnya?
Setiap hal yang berhubungan dengan kebenaran, dan berhubungan dengan hukum Islam maka kita akan sangat kesulitan menerimanya dan bahkan akan cenderung hati kita tidak menyukai bahkan membenci. Bahkan berakibat pada melakukann tindakan yang tidak menyenangkan kepada si pemberi berita tentang kebenaran.

Keunikan Topi Ulang Tahun
Mungkin masih banyak teman-teman yang belum tahu atau mungkin terlupa.

Menurut sejarah yang sempat terbaca. Setelah Andalusia Spanyol jatuh pada Castilla (yang kondisi kota detik terakhirnya ditampakkan dan ceritanya dipelesetkan dalam filem Assasin's Creed), seluruh muslim Andalusia spanyol di dipaksa meninggalkan agama Islam dan dilarang praktek ibadah.

Salah satu prakteknya selain di salib adalah pelaksanaan kegiatan keagamaan dan pemakaian topi yang dipakai khusus untuk muslim yang telah secara lisan dan tertulis di pemerintahan Castilla (spanyol) telah keluar agama Islam. 

Anehnya topi identitas itu adalah topi ulang tahun yang populer digunakan sampai sekarang ini.

Jadi, arti topi ulang tahun adalah untuk identitas pemeluk Islam yang resmi murtad dan dipaksakan oleh pemerintahan saat itu yang terkenal karena kejamnya Ratu Isabella. (Yang sekarang ini lagunya enak dan senang kalian dengar).

Sangat pentingnya sejarah ini dan mungkin sedikit literatur otentik yang membahasnya.

Perlu diketahui bahwa praktek dan fakta tentang topi ulang tahun  bukanlah hal sepele. 

Mungkin di internet masih tersisa sedikit artikel bermuatan fakta yang membahas penggunaan topi ulang tahun ini.

Silahkan dicari dan di pelajari. Tidak ada ruginya belajar sejarah, sesuai dengan kata mutiara dari seorang ulama muslim zaman tabi'in yang sebenarnya banyak sekali kata mutiara modern saat ini yang berasal dari ummat islam yang namanya tetap dicantumkan dalam manuskrip aslinya (berbahasa arab ya).

"Siapa yang tidak belajar sejarah, maka sejarah akan mengajarkannya kembali."

Yang berarti bahwa jika tidak dipelajari maka sejarah akan terulang kembali. Wallohua'lam bissawab.

Referensi:
  • wikipedia
  • google search
  • dokumentasi lokal
  • Kata Mutiara dari Abu Athahiyah - Kitab Mahfudzot
Revisi:
  • 30 Mei 2020
Rekomendasi:
  • Sekedar penyemangat untuk anda agar membaca sejarah dan meneliti kebenarannya, satu judul literatur abad pertengahan zaman Kekhalifahan Andalusia di Spanyol:" Bumbu dapur atau micin dan masyarakat suatu peradaban".

Posting Komentar

Smart comment system

Lebih baru Lebih lama