Cara sukses administrasi tata usaha

Administrasi adalah kegiatan yang sistematis dan berkelanjutan. Hal ini berlaku di seluruh lapisan organisasi yang ada di dunia.



Skala administrasi ini ada yang kecil dan bahkan ada yang besar dan rumit tergantung jenis jabatan pada suatu instansi atau perusahaan dan bidangnya.
Beberapa macam administrasi ialah seperti administrasi milik negara dan badan usaha contohmya : perusahaan, pabrik, sekolah, universitas, badan hukum, dan lain sebagainya.

Jika ingin menjadi seorang staff adm ataupun sudah bekerja dan agar lebih mantab dalam meniti karir,  berikut ini beberapa skill atau kemampuan minimal seorang staff adm yang harus diusahakan agar dapat segera dimiliki dan memudahkan pekerjaan nantinya.

Skill Pendukung Kelancaran Kegiatan  Administrasi dan Tata Usaha

1. Komunikasi 
- mengutamakan adab dan sopan santun
- Siap dan dapat dihubungi jika dibutuhkan
- Bisa menyesuaikan pembicaraan dengan lawan bicara segala usia dan segala situasi dan kondisi

2. IT
- melek tekhnologi seperti smartphone laptop dan lainnya
- faham dengan program administrasi kantor seperti microsoft office
- faham pengoperasian alat-alat perkantoran ruang sidang rapat dan lainnya

3. Negosiasi
- faham tekhnik negosiasi yang baik
- dapat diandalkan walaupun penyelesaian suatu hal kemungkinan negosiasi berhasil adalah sulit

4. Update Informasi
- mengetahui seluruh informasi yang penting seputar perkantorannya
- serba ingin tahu 
- faham dan mengerti jika ditanya seputar pekerjaan khususnya area pemberkasan kantor dan persuratannya

5. Manajemen Waktu
- disiplin kerja
- menyelesaikan tugas segera
- dapat mengatur jadwal sendiri dengan baik
- dapat mengatur jadwal di kantor dengan baik
- dapt menentukan agenda rapt dan lainnya

6. Manajemen Mutu
- faham sistem manajemen kantor yang benar
- faham sedikitnya tentang ISO
- faham pembuatan persuratan yang benar
- faham tata kelola pemberkasan kantor
- faham seluruh sistem pemberkasan internal dari yang lecil hingga yang sulit dan penting

7. Kepribadian Wajib
- percaya diri
- adaptasi
- friendly
- pantang menyerah
- jujur
- mau belajar

Fasilitas Wajib Seorang Administrasi

- Smartphone dan Paket Internetnya
- Komputer
- Printer
- Kendaraan
- Kartu & Rekening Bank
- Uang Cash seperlunya
- Uang non cash seperlunya

Jika Terkendala Skill Administrasi

- Jaga kesehatan, pola makan sehat seimbang, dan pola istirahat
- Jaga konsentrasi otak dengan rutin minum air putih
- Perbaiki pemahaman IT dan skill ketikan jari
- Kurangi waktu mata untuk kontak dengan monitor agar tidak cepat hilang fokus dan kehilangan daya proses otak (cahaya gadget sangat buruk untuk saraf mata ke otak)

Reference :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.microsoft.office.officehubrow

Revision :
25th of December 2020
23rd of March 2021

Posting Komentar

Smart comment system

Lebih baru Lebih lama