Passive Income Melalui Blog


Dirangkum dari wikipedia, Blog adalah suatu halaman seperti diari yang diupdate ke world wide web atau internet. Atau kegiatan mengupload apa saja untuk menginformasikan atau berekspresi.

Website adalah suatu kumpulan halaman yang mengandung text, gambar, dan video di internet yang biasanya terdaftar member area.

Domain adalah alamat web atau blog. Domain ada yang gratis dan berbayar. seperti:
  • Google.com
  • Blogger.com
  • Facebook.com
  • Twitter.com
  • Microsoft.com
Hosting adalah tempat suatu website atau blogsite menyimpan datanya. Semua data yang ada di blog sahabatkhazanah ini seperti text, video, ataupun gambar. Semuanya disimpan di suatu tempat di internet. Yang kesemuanya itu telah di upload sebelumnya.

Bisa gratis dan bisa juga berbayar. Harga bervariasi tergantung kuota dan masa berlangganan. Dengan syarat dan ketentuan sesuai penyedia layanan. Hosting biasa juga disebut cloud service. 

Cara umum untuk mepunyai blog atau website
  • Punya gadget atau smartphone yang mumpuni ataupun pc, laptop, dan notebook
  • Mau belajar (belajar adalah kewajiban kita dari lahir hingga sepanjang umur)
  • Punya email aktif
  • Punya nomor telepon yang aktif dan teregistrasi ke jaringan dengan benar
  • Punya rekening bank BUMN dan ATM (opsional)
  • Punya kuota internet (wajib)
  • Sudah dewasa, tahu yang benar dan salah, yang legal dan illegal
  • Faham akan peraturan pemerintah tentang tekhnologi informasi 
  • Mengerti mengoperasikan komputer dan internet (wajib)
  • Minimal sedikit mengerti bahasa Inggris (perlu untuk proses belajar)

Pemanfaatan Blog atau Website secara umum

1. Promosi Bisnis
Setiap warung, toko, bisnis, sekolah dan tempat kursus dan instansi negeri dan swasta sudah selayaknya mempunya website. 

Selain promosi dan pengenalan produk layanan barang dan jasa secara manual. Promosi juga perlu dilalukan di media internet via web dan aplikasi.

Bayangkan 70 persen pengguna smartphone sedang melihat layar detik ini. Ada yang mencari info, musik, video, atau lainnya sembari santai dan duduk ataupun di kebun. Alangkah sayangnya jika tidak ada anda ataupun instansi anda di sana. 

2. Menjual Informasi
Menghadirkan informasi ataupun berita adalah hal biasa dari website koran dan majalah. Untuk meningkatkan penjualan mereka. 

Berbeda dengan sekolah dan rumah sakit , keberadaan website ini adalah sesuatu yang setengahnya wajib. 

Calon siswa ataupun calon pasien biasanya mencari alamat rumah sakit dan layanan utamanya atau sekolah melalui internet sebelum datang ke lokasi.

3. Penyimpanan data
video, foto, rekam medis, data penduduk suatu daerah, hak pilih, quick count, data siswa, ataupun curriculum vitae disimpan oleh instansi tertentu ke website mereka. 

4. Jual Beli
e-commerce sudah wajib di zaman ini, seperti: forum jual beli facebook, kaskus, shoppee, bukalapak, blibli, lazada, e-bay, amazon, lotte-mart, matahari, erafone, samsung dan masih banyak lagi.

5. Referensi dan Informasi Umum
Beberapa kantor layanan publik seperti rumah sakit, kantor pemerintah dan badan usaha membutuhkan website yang sewaktu-waktu sebagai acuan pengumuman suatu informasi publik, info keuangan ataupun peraturan pemerintah.

6. Grup Sosial
contohnya facebook, twitter, instagram, googleplus, dll.


Itulah seputar pemanfaatan blog yang tidak serta merta menambah penghasilan/ income aktif. Maka dari itu tidak ada salahnya menggunakan blog untuk sampinagn dan menghasilkan secara passive guna menunjang profesi kita saat ini.

Passive Income Melalui Blog
1. Buatlah blog 
2. Daftarkan google adsense
3. Daftarkan program affiliate
4. Jualan di blog
5. Promosikan produk kita melalui blog
6. Sebar informasi di blog yang berhubungan dengan bisnis kita.

Mwemang jika dirasa penghasilan sekarang masih standar. Tidak ada salahnya menambah penghasilan tersebut secara pasif dengan membuat blog / website secara bertahap.

Referensi
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Blog
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Website

Posting Komentar

Smart comment system

Lebih baru Lebih lama